Pemanfaatan sampah organik dengan pelatihan Eco Enzim

Komang Muliawan 05 Februari 2021 08:54:01 WITA

Om Swastyastu

Kekran, 4 Februari 2021

 

Dengan adanya Permaslahan sampah yang kian merebak, Perbekel Desa kekeran Komang Eva Wahyu Diatmika, S.Pd tergerak hatinya untuk mengundang Dinas Lingkungan Hidup tentang pengolahan sampah yang baik dan tepat. Dengan hal tersebut maka, di adakan kerjasama pelatihan tentang Eco Enzim bonus dari pengolahan sampah organic.

Kegiatan pengolahan sampah menjadi Eco Enzi ini di adakan di Aula BUMdesesa kekeran. Dengan berkerja sama dengan Komunitan Eco Enzim Buleleng.

Kegiatan Pelatihan Eco Emzim dihadiri langsung oleh Dinas Lingkungan hidup Bulelengdan Instansi Kecamatan Busungbiu, ketua TP PKK, Ketua Bpd, Ketua Lpm, Kelian subak basah dan Kering serta Ibu – ibu Pkk.

Kegiatan ini Dimulai Dengan Pembukaan dan pemberian pemahaman tentang Eco Enzim dari Komunitan Eco Enzim Buleleng. Eco Enzi ini Berasal Dari pengolahan sampah organik ( sisa potongan sayur, buah yang tersisah) di permentasikan dengan air dan gula ( gula coklat, gula merah/ gula tebu ). Rasio bahan tersebut 1 : 3 : 10 ( 1 bagian gula, tiga bagian sampah sisa, 10 air) bahan tersebut di campur dan di diamkan selama 30 hari.

Hasil Eco Enzim ini sangat bermanfat  untuk pengobatan, pupuk, anti radiasi, deterjen dll. Sehinga dapat mengurangi cost ekonomi di masa pandemi ini.

Semoga kegiatan ini dapat selalu dilakukan dan menyebarluaskan kepada masyarakan sehingga dapat mengurangi pasokan sampah dan mendapat bonus dari pengolahanya.

 

Om Shanti Shanti Shanti om

Komentar atas Pemanfaatan sampah organik dengan pelatihan Eco Enzim

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

CUACA

BULELENG WEATHER

Kalender Bali

Lokasi Kekeran

tampilkan dalam peta lebih besar