PKK KEKERAN LATIHAN REJANG RENTENG

KARMA 23 Maret 2019 19:13:23 WITA

SEMANGAT krama Kekeran untuk menyukseskan HUT Kota Singaraja Yang ke 45 tak pernah luntur. Buktinya, di tengah kesibukan di masing-masing rumah, sejumlah krama istri masih sempat meluangkan waktunya untuk latihan Tari Rejang Renteng. Ada sebanyak 50 penari terlibat dalam pementasan Tari Rejeng Renteng ini.

Jalur utama di depaN kantor kepala desa kekeran Kamis, 21 Maret 2019 sore, ditutup dari arah utara maupun selatan. Pasalnya, pada sore itu sekitar pukul 17.00 wita hingga 20.30 wita berlangsung gladi tari sacral Rejang Renteng.Meski hujan gerimis, tidak menyurutkan semangat ibu-ibu PKK di Kekeran  itu berlatih agar tampil maksimal saat pementasan nanti. Mereka berbaris rapi sesuai kelompoknya, berjejer dari arah utara hingga ke selatan. Para penari itu terlihat kompak, gerakannya lemah gemulai mengikuti irama gambelan yang diputar lewat pengeras suara.

Menurut informasi, pada zaman dahulu tari Rejang Renteng ini berkembang pesat di Desa Singapadu, Sukawati. Namun seiring perkembangan zaman, tarian ini mulai jarang dipentaskan. Akibatnya, tarian sakral ini pun nyaris punah. Suatu ketika generasi penerus di Singadu merasa terpanggil untuk mengumpulkan data-data soal tari-tarian yang pernah ada di desa setempat.

Dari data yang didapat, konon di desa seni itu dulu pernah ada tarian sakral yang dipentaskan setiap karya agung. Setelah menggali informasi, akhirnya ada seorang nenek renta mantan penari rejang yang masih ingat gerakan tarian sakral ini. Berangkat dari informasi itulah, tarian Rejang Renteng ini direkonstruksi kembali.                                                                                                                                                                                                                                      Kekeran patut bersyukur bisa mementaskan tari sakral ini. Pasalnya, tari rejang yang satu ini belum banyak yang mengenalnya, lantaran baru dipentaskan di beberapa tempat saja di luar Singapadu, Desa  Kekeran salah satunya.

Komentar atas PKK KEKERAN LATIHAN REJANG RENTENG

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Temukan kami di Facebook

Please Bantu Kami, Like This !!!

×

CUACA

BULELENG WEATHER

Kalender Bali

Lokasi Kekeran

tampilkan dalam peta lebih besar